Informasi

Inilah Kebijakan dan Rencana Energi Nasional Indonesia ke Depan

SUARAENERGI.COM – Sekjen DEN Djoko Siswanto menjadi salah satu keynote speaker dalam acara Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023 dengan mengambil tema Sustainable Industries: Shaping Tomorrows Business yang dilaksanakan di Royal Glasshouse Park Hyatt Hotel Jakarta.

Pria yang akrab disapa Djoksis dalam kesempatannya menyampaikan materi kebijakan energi nasional Indonesia ke depan diantaranya kebijakan pengelolaan energi yang berdasarkan prinsip berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan guna terciptanya kemandirian dan ketahanan energi nasional. Selanjutnya ketahanan energi saat ini dalam kondisi tahan, dilihat dalam 4 aspek ketahanan energi nasional yaitu availability, accessibility, affordability dan acceptability.

Lebih lanjut Djoksis menyampaikan bauran EBT pada tahun 2035 berkisar 25% – 26% berdasarkan pemodelan transisi energi. Selain itu dalam peta jalan transisi energi menjelaskan bahwa pada tahun 2035 dimulai Retirement PLTU tahap 1, Pemanfaatan biofuel: B40 dan E4, peningkatan penggunaan jargas, dan peningkatan konsumsi listrik per kapita.

Dalam grand strategi energi, tantangan yang dihadapi adalah crude, BBM dan LPG yang masih impor dimana upaya dalam mengatasinya adalah meningkatkan produksi minyak, meningkatkan kapasitas kilang, penambahan sambungan rumah jargas, penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan pemanfaatan kompor induksi serta memanfaatkan Bensin Sawit (Bensa) yang mempunyai RON 120.
****
Telah diberitakan di website suaraenergi.com tanggal 21 November 2023, pukul 09:35 WIB

Bantuan Untuk Solusi Masalah Anda

Hubungi tim kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Jurist Resia & Co. merupakan badan usaha yang didirikan dalam bentuk perseroan terbatas berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan jasa hukum dan pusat penelitian hukum.

Hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.